Senin, 29 April 2013

Instalasi Sound Sistem Sederhana

hello guys..
my name is mail..
Disini saya akan menjelaskan bagaimna tata cara instalasi / perakitan sound sistem yang baik dan benar....

Sound Reinfocement adalah sederetan peralatan yang ditata sedemikian rupa untuk mendapatkan penguatan suara atau musik untuk di dengar oleh banyak orang,penataan peralatan ini dasarnya selalu sama, baikuntik system yang sederhana mauapun system yang paling rumit, penataan yang dianggap paling rumit tsb
adalah sbb :

1. Suara ditangkap oleh microphone dari sumbernya.
2. Microphone merubah suara tadi menjadi signal listrik dan mengirimnya melalui kabel menuju mixer audio.
3. Mixer menerima signal suara dan musik tadi melalui setiap kanalnya kemudian dilakukan proses mixing dan balancing. proses ini dilakukan untuk mencampur dan menyeimbangkan suara yang di terima yang kemudian dikirimkan lagi melalui kabel ke rangkaian power amplifier.
4. Power amplifier merubah signal menjadi energi listrik dan mengirimkannya ke loudspeaker.
5. Loudspeaker merubah energi listrik menjadi gerakan mekanis dari konus speaker yang kemudian menggetarkan udara dan menjadi suara yang dapat didengan sesuai dengan sumbernya.
6. Audiens sebagai objek yang mendengarkan reproduksi suara tersebut. penataan peralatan tersebut berlaku juga untuk system audio dirumah tinggal, tape deck/cd player merupakan sumber suara dan sebuah pengatur nada(tone control) dipasang sebagai pengganti mixer, perangkat tersebut biasanya terdapat dalam satu badan termasuk dengan power amplifiernya(intergrated amplifier).

Instalasi sound system sederhana

dalam system audio sederhana, power amplifier kadang-kadang ditempatkan dalam satu kemasan dengan mixer yang disebut powered mixer atau dapat juga disebut power amplifier, ditempatkan di dalam kotak speaker yang akrab disebut speaker aktif. berapa besar dan rumitnya sistem audio, tetap akan berada pada prinsip dasar seperti yang telah dijelaskan diatas.pada sistem yang lebih besar, akan terdapat beberapa tambahan peralatan dengan berbagai macam pengaturan, biasanya digunakan di cafe, bar atau club yang menampilkan musik live dengan ukuran tempat yang tidak terlalu luas.

Dalam penyusunan perangkat audio tsb ada beberapa prinsip lagi yang perlu diperhatikan yakni:

1. Mixing console(mixer) sebaiknya berada pada posisi pendegar maka apa yang di dengar oleh operator(sound man) sama yang di dengar oleh audiens, dengan demikian mixer tidak di tempatkan di samping atau di belakang panggung tetapi harus tepat di depan panggung.
2. semua mikropon dan sumber suara lain dari panggung(alat musik) di kirim ke mixer melalui kabel snake(kabel snake adalah kabel panjang seperti ular yang di dalamnya terdapat beberapa jalur kabel).
3. mixer atau mixing console pada sistem ini lebih lengkap daripada sistem sederhana yang telah dijelaskan sebelumnya, karena memiliki lebih banyak pengaturan walaupun dengan prinsip kerja yang sama.dalam hal ini perangkat sound dilengkapi dengan rasilitas spt equalizer semi parametric dengan 3 jalur frekuensi yaitu low, mid dan hight.terdapat juga auxiliary send yang difungsikan untuk mengirim sinyal ke sistem monitor atau effect sistem. pada auxiliary terdapat switch untuk auxpre/post. auxpre digunakan untuk mengirim sinyal ke monitor sedangkan auxiliary post yaitu sinyal yang dikirim mengikuti pengaruh kanal fader dan equalizer yang basa untuk mengirim sinya ke perangkat effect.
4. sinyal output dari mixer dikirim ke cross over melewati equalizer, pada equalizer inilah seorang operator melakukan setting untuk mengatasi kendala akustik ruang spt feed back atau kendala lain yang mengganggu.
5. cross over berfungsi untuk memilih frekuensi yang akan dikirim ke power amplifier untuk menggerakkan loudspeaker dengan tanggapan frekuansu tertentu, hal ini dilakukan jika pemasangan loudspeaker dengan menggunakan
box terpisah yaitu untuk woofer, mid-range,dan tweeter.

3 komentar:

  1. Are you a fag or something??? Whos the little homo dancing around dressed like a stupid dog. Fuck you and you stupid bitch ass wife i fucked your whore nigger dick sucking daughter too. Fuck your self in your mothers pussy mouth.

    BalasHapus
  2. numpang gan.... SEWA SOUND JAKARTA.
    @ngi_INFINITE. INFINITE Professional Sound & Lights (Rental / Sewa sound system, lighting dan multimedia base on JAKARTA) untuk keperluan event,cafe,wedding,birthday,party,gathering,seminar, dll... dengan barang berkualitas dan SDM yang bertanggung jawab serta professional dalam bekerja. Twitter : @ngi_INFINITE
    Path : ngi_INFINITE
    Instagram : ngi_INFINITE LinkedIn : ngi_INFINITE
    website : www.ngi-INFINITE.com
    https://goo.gl/MF1T1z
    https://goo.gl/9jqI6x
    http://goo.gl/5ppgIA
    ‪#‎RentalSoundLightMultimedia‬ ‪#‎RentalSound‬ ‪#‎SoundSystem‬ ‪#‎Multimedia‬ ‪#‎Lighting‬ ‪#‎RentalSoundLights‬ ‪#‎RentalMultimedia‬ ‪#‎RentalLighting‬ ‪#‎Rental‬ ‪#‎Sound‬ ‪#‎visual‬

    BalasHapus
  3. Mas tanya nih, output mixer ke speker bisa tidak memakai jalur snake kabel? Kita pakai set up mixer tanpa power ampli, tapi pakai speker aktiv, jadi jalur dari mixer kabel canel output di snake Cable konek ke output mixer,di box snake saya konek kabel speker ke canel output nya, apakah cara itu bisa di pakai? Trims seblum nya.

    BalasHapus